Vitamin A



Manfaat vitamin A banyak sekali, diantaranya dapat meningkatkan kesehatan mata, mencegah kanker, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, dan sebagainya. Tubuh yang sehat membutuhkan berbagai asupan nutrisi.

Sejak kecil, kita sering mendengae nasihat dari orangtua atau guru kita yang tentang pentingnya gizi yang seimbang bagi kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain protein, karbohidrat, vitamin, dan sebagainya.

Tubuh tidak dapat membuat vitamin sendiri dan perlu mendapatkan vitamin tersebut dari tempat lain. Vitamin merupakan senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan untuk tubuh, hal ini karena vitamin yang dapat membuat metabolisme menjadi teratur dan baik untuk masa pertumbuhan.

Vitamin terdiri dari berbagai jenis dan semuanya memiliki fungsi masing-masing. Sekarang kita akan membahas tentang vitamin A. Vitamin A ialah salah satu vitamin aktif yang dapat larut dalam lemak serta disimpan oleh tubuh di dalam hati.

Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwasannya vitamin A dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun, manfaat vitamin A bukan hanya itu saja, banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Vitamin A banyak terdapat di dalam berbagai jenis makanan yang kita konsumsi.

Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat vitamin A yang utama adalah untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A merupakan salah satu zat gizi yang sangat penting dan memiliki peran dalam proses melindungi serta meningkatkan kesehatan mata.

Mengoptimalkan Perkembangan janin

Kita juga mengetahui bahwa vitamin A merupakan vitamin yang mampu untuk larut dalam lemak dan air. Oleh sebab itu, dengan mencukupi kebutuhan vitamin A dapat membantu dalam tumbuh kembang si janin. Vitamin A dapat membantu dalam perkembangan mata, tulang, serta kesehatan kulit janin.

Antioksidan

Salah satu bentuk vitamin A yang terkenal adalah Beta Karoten. Beta Karoten adalah senyawa yang memiliki aktifitas antioksidan yang dapat menangkal dari serangan radikal bebas. Baik itu suatu radikal bebas yang berasal dari polusi ataupun oksidasi tubuh.

Mengatasi Jerawat

Sebagian besar dari kita banyak yang terkena jerawat. Wortel segar, aprikot, dan apel dapat mengatasi jerawat. Vitamin A dapat membantu dalam mengatasi masalah jerawat, terlebih terhadap orang yang mengalami masalah jerawat yang parah. Vitamin A dapat mengurangi produksi sebum berlebih di kulit.

Mengatasi Keriput

Vitamin A mengandung sejumlah besar beta karoten dan retinol, antioksidan kuat, yang dikenal dapat melawan radikal bebas di kulit. Sehingga asupan vitamin A yang mencukupi dapat mengurangi munculnya garis-garis halus, bintik-bintik gelap dan pigmentasi.

Mengurangi Stretch Marks

Vitamin A dapat membantu dalam regenerasi sel-sel kulit baru dengan cara mengganti sel-sel mati. Sel-sel baru mengarah pada pembentukan kulit yang sehat dan mulus, yang pada akhirnya akan mengurangi stretch mark.

Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Vitamin A dapat menjaga produksi sebum yang seimbang di kulit kepala, sehingga dapat mencegah kulit kepala dan rambut menjadi kering. Antioksidan dalam vitamin A mengatur sekresi minyak dan dengan demikian menyebabkan kulit kepala menjadi lebih sehat.

Mencegah Kerusakan Rambut

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam vitamin A sehingga dapat mencegah pembentukan radikal bebas, dan melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas tersebut. Hal ini dapat membantu dalam memulihkan rambut yang bersinar secara alami.

Mengurangi Ketombe

Vitamin A dapat membantu dalam mengatur produksi sebum di kulit kepala, dengan demikian dapat mengurangi pembentukan ketombe. Dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, hati, keju dapat mengurangi ketombe.

Melawan Infeksi

Vitamin A dapat membantu dalam pertumbuhan sel-sel darah putiht yang membantu melawan infeksi dalam tubuh.

Menyehatkan Tulang

Vitamin A dapat menyehatkan tulang, Vitamin A yang terdapat dalam tubuh kemudian diubah menjadi asam retinoat yang diserap oleh tulang.

Memperkuat Gigi

Gigi kita terdiri dari zat keras yang disebut dentin yang membutuhkan vitamin A untuk menjaga kekuatan dan kekerasan alaminya.

Membantu Pertumbuhan Regenerasi Sel

Vitamin A membantu dalam pertumbuhan sel-sel baru dan jaringan dengan mengganti yang lama.
Mencegah Kanker

Manfaat yang paling penting dari vitamin A adalah membantu dalam mencegah kanker. Asupan vitamin A yang mencukupi dapat menghambat produksi DNA yang terdapat dalam sel-sel kanker.

Penyembuhan Luka

Vitamin A dapat meningkatkan dalam proses penyembuhan luka, bekas luka, luka bakar, dan sebagainya. Hal ini karena vitamin A membantu dalam regenerasi sel-sel baru dan sehat. Sebagian besar salep yang beredar sekarang kaya akan vitamin A.